Di Indonesia, kini ada semakin banyak perusahaan atau agensi yang menawarkan Jasa SEO sebagai bagian dari portofolio mereka kepada klien. Mereka menyajikan berbagai metode dan solusi guna memastikan bahwa website klien mendapatkan peringkat teratas di Google. Beberapa bahkan berani menjanjikan “halaman 1 google” dalam jasa yang mereka berikan.
Dengan adanya banyak opsi tersebut, para pemilik bisnis terkadang mengalami kesulitan dalam memilih jasa SEO terbaik untuk mereka. Mereka ingin menghindari kemungkinan bahwa investasi mereka dalam menyewa jasa SEO berakhir dengan dampak negatif terhadap kinerja website dan bisnis secara keseluruhan. Karena alasan ini, kami ingin membagikan beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari hasil yang tidak diinginkan dari proses optimasi yang ditawarkan. Namun, sebelum mengetahui tips tersebut, kami akan memberitahu apa saja yang dilakukan oleh jasa SEO pada Website Anda.
Sebenarnya Apa yang Dilakukan oleh Agensi Jasa SEO?
Untuk memahami kegiatan yang dilakukan oleh agensi jasa SEO, disarankan untuk memahami konsep dasar dari SEO terlebih dahulu.
SEO atau Optimasi Mesin Pencari adalah proses mengoptimalkan website Anda agar lebih terlihat dalam hasil pencarian yang relevan di mesin pencari. Hal ini penting karena sebagian besar orang mencari produk, layanan, atau informasi melalui mesin pencari. Selain itu, sebagian besar pengguna akan mengunjungi website yang muncul di peringkat atas hasil pencarian yang direkomendasikan oleh mesin pencari.
Oleh karena itu, setiap bisnis di berbagai sektor membutuhkan jasa SEO. Dengan memanfaatkan layanan SEO, situs web Anda akan mendapatkan eksposur yang lebih luas dan mencapai peringkat teratas.Ini memungkinkan layanan, produk, atau informasi yang Anda tawarkan di website lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan Anda.
Jadi, apa saja yang dilakukan oleh agensi jasa SEO? Pada dasarnya, mereka bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari, terutama Google. Untuk mencapai tujuan ini, agensi SEO akan melakukan berbagai tindakan, seperti:
- menganalisis website pesaing bisnis Anda
- melakukan audit website Anda
- melakukan penelitian kata kunci
- mengoptimalkan struktur website
- meningkatkan kecepatan website
- serta berbagai tindakan lainnya
3 Teknik SEO yang Sering Dilakukan oleh Jasa SEO
Untuk diketahui, optimasi SEO pada dasarnya melibatkan tiga teknik utama, yaitu:
1. On Page
On Page SEO merupakan taktik optimasi yang dilakukan di dalam halaman website guna memudahkan Google dalam memahami isi website tersebut dan memberikan peringkat pada kontennya. Dalam metode ini, para ahli SEO akan menerapkan berbagai teknik, seperti menciptakan konten berkualitas, mengoptimalkan tag judul dan meta tag, membuat tautan internal, mengoptimalkan heading konten, dan masih banyak lagi.
2. Off Page
Off Page SEO merupakan strategi optimasi yang dilakukan di luar website Anda sendiri dengan tujuan mempengaruhi peringkat situs Anda di Google. Salah satu metode yang digunakan dalam Off Page SEO adalah membangun backlink.
Apa yang dimaksud dengan Backlink? Backlink adalah tautan yang berasal dari website eksternal dan mengarah ke website Anda. Backlink umumnya diperoleh ketika website lain membuat konten dan menyertakan tautan yang mengarah ke situs Anda. Dengan cara ini, Google akan menganggap website Anda memiliki kualitas yang baik dan dianggap dipercaya oleh banyak orang.
3. Technical SEO
Technical SEO adalah proses optimasi yang dilakukan pada aspek teknis website. Metode ini memiliki dampak langsung terhadap pengindeksan dan perayapan yang dilakukan oleh Google. Beberapa teknik yang digunakan meliputi meningkatkan kecepatan website, membuat XML Sitemaps, dan berbagai teknik lainnya. Secara prinsip, ketika melakukan optimasi, agensi SEO akan merancang strategi yang membantu bisnis Anda mencapai tujuan yang ingin dicapai melalui website Anda.
Tips Mencari Jasa SEO yang Tepat
Setelah mengetahui apa saja yang dilakukan oleh agensi jasa seo, kami akan memberitahu tips mencari jasa SEO yang tepat:
1. Mengetahui Tujuan atau Target Utama Pada Bisnis Anda
Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengetahui tujuan atau target utama yang ingin dicapai oleh bisnis Anda melalui optimasi SEO.
Ini penting untuk memastikan bahwa strategi yang akan diterapkan sesuai dengan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Sebagai contoh, tujuan Anda mungkin termasuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan traffic website untuk mendorong penjualan, dan sebagainya.
Tidak peduli agensi SEO mana yang Anda pilih, pastikan mereka memperhatikan tujuan bisnis Anda. Dengan demikian, strategi dan taktik yang digunakan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin Anda capai.
2. Buat List Agensi Jasa SEO
Setelah Anda mengetahui tujuan atau target utama yang ingin dicapai oleh bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah membuat list agensi jasa SEO yang menarik menurut Anda. Mengingat jumlah agensi SEO yang banyak saat ini, disarankan untuk menyusun daftar yang terdiri dari 3 hingga 5 agensi SEO.
Pilih agensi SEO yang sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan, seperti memiliki reputasi yang baik, memiliki portofolio yang mengesankan, tim yang profesional, budaya perusahaan yang baik, atau bahkan faktor lokasi perusahaan yang mudah dijangkau.
Namun, perlu diingat bahwa dalam era teknologi yang semakin maju saat ini, perbedaan geografis seharusnya bukan menjadi kendala besar karena pertemuan atau komunikasi dapat dilakukan secara virtual. Namun, jika Anda memiliki kebutuhan mendesak untuk pertemuan tatap muka langsung, maka faktor lokasi agensi SEO dapat menjadi pertimbangan penting.
Sebagai acuan, berikut adalah beberapa karakteristik yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih agensi SEO yang tepat untuk perusahaan Anda:
- Profesionalisme dan pengalaman yang solid.
- Memiliki portofolio klien yang mengesankan.
- Memiliki reputasi yang baik.
- Mengikuti perkembangan terbaru dalam teknik SEO dan pembaruan dari Google.
- Memiliki komitmen yang realistis dan jujur dalam melaksanakan tugas.
Mempunyai komunikasi yang efektif dan responsif.
Untuk mencari agensi SEO yang dapat diandalkan, Anda dapat meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, mitra bisnis, atau anggota komunitas yang pernah menggunakan layanan SEO dari suatu agensi.
3. Gali informasi lebih dalam lagi
Setelah Anda memiliki daftar 3 hingga 5 agensi SEO yang memenuhi kriteria yang Anda inginkan, saatnya untuk melakukan penelitian mendalam tentang agensi-agensi tersebut. Tahap ini penting dilakukan untuk memastikan apakah agensi-agensi tersebut mampu memberikan layanan SEO terbaik untuk bisnis Anda.
Agar bisa mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang kemampuan agensi SEO, Anda bisa melakukan penyelidikan dengan menanyakan beberapa pertanyaan yang relevan.